Cuma berbagi pengalaman aja nih Gan.... Saat ini banyak sekali berita kriminal ataupun kejadian pencurian motor hingga pembegalan motor dijalan, kayanya motor perlu diberi pengaman, walaupun sederhana, setidaknya mengurangi kekhawatiran terhadap tindak kejahatan.Setelah googling sana-sini .. ternyata banyak juga posting tentang pengaman motor,dari yang sederhana hingga yang canggih, namun untuk menyesuaikan kocek, ya bikin saja yang sederhana ..hehe.. rangkaian yang saya dapat seperti dibawah ini Gan...
NB:Resistor 420K tidak ada dipasaran,bisa diganti 470K
Versi diatas untuk semua jenis motor pengapian AC..tinggal menyesuaikan warna kabelnya saja..untuk jenis motor pengapian DC, bisa dibuat dengan memutus jalur positif kontak (Motor dengan Pengapian AC biasanya kabel kontak ada 4,sedangkan Pengapian DC kabel kontak biasanya cuma 2).
Saya mencoba membuat rangkaian diatas dan saya pasang di motor saya, memang bekerja, namun terkadang relay langsung On saat kontak motor di On kan. Mungkin ada semacam arus kejut saat kontak di On yang membuat SCR terpicu. Akhirnya saya ubah rangkaian diatas menjadi Sensor Sentuh Ganda, agar tidak langsung On saat motor di kontak. Saya membuat 1 rangkaian untuk Honda REVO milik Bapak saya.
Saya mencoba membuat rangkaian diatas dan saya pasang di motor saya, memang bekerja, namun terkadang relay langsung On saat kontak motor di On kan. Mungkin ada semacam arus kejut saat kontak di On yang membuat SCR terpicu. Akhirnya saya ubah rangkaian diatas menjadi Sensor Sentuh Ganda, agar tidak langsung On saat motor di kontak. Saya membuat 1 rangkaian untuk Honda REVO milik Bapak saya.
Rangkaiannya jadi seperti ini Gan...Input Relay diambil dari Positif.
pemasangan komponennya kira-kira seperti ini Gan.. (dilihat dari atas)
SCR 2P4M yang ORI / bagus di tandai dengan 1 titik di kiri bawah dan 1 titik di kanan atas.
Dalam pembuatan saya memakai kabel Merah untuk Positif, Kabel Hitam untuk Negatif, kabel Coklat untuk Output, dan kabel Kuning untuk Titik sentuh.
Diagram pemasangan kira-kira seperti ini Gan.
Rangkaian diatas bisa dipakai untuk motor pengapian DC merk apapun, karena cara kerjanya hanya memutuskan jalur kontak.
Untuk motor dengan fitur SSS,Switch Standart Samping semisal Honda Beat, anda bisa menghubungkan Output Relay ke Standart samping, jadi seperti membuat saklar seri..Rangkaian diatas sudah saya coba aplikasikan ke Honda Beat saya Gan..yang perlu di ingat adalah..jika memasang sensor untuk motor jenis bebek dan lainnya yang di putus adalah jalur kontak alias jalur POSITIF..Sedangkan memutus switch standar samping Honda Beat maka yang di putus adalah jalur NEGATIF atau Ground.
Rangkaian milik saya jadi seperti ini Gan..Input Relay di ambil dari Negatif.
Nilai R1 dan R2 tidak harus sama dengan diatas Gan,bisa anda ganti sesuai tingkat sensitifitas yang di inginkan.karena arus sebesar 0.2 mA sudah cukup untuk memicu SCR 2P4M .
Switch Manual atau darurat digunakan jika suatu saat rangkaian tidak berfungsi atau aki tekor, karena akan sangat sial jika rangkaian tidak berfungsi pas di tempat yang jauh dari rumah/bengkel atau tempat tujuan.
Cara kerja rangkaian diatas adalah memanfaatkan tubuh kita sebagai kabel/resistor yang menghubungkan titik sentuh 1 dan titik sentuh 2 untuk memicu SCR dan menghidupkan Relay.
FYI : Pada dasarnya resistansi tubuh manusia berbeda-beda, dan berubah-ubah seiring waktu, juga tergantung pada kelembaban, bisa jadi sensor diatas kadang sensitif kadang tidak dikarenakan kondisi kelembaban kulit / tubuh.
Cara kerja rangkaian diatas adalah memanfaatkan tubuh kita sebagai kabel/resistor yang menghubungkan titik sentuh 1 dan titik sentuh 2 untuk memicu SCR dan menghidupkan Relay.
FYI : Pada dasarnya resistansi tubuh manusia berbeda-beda, dan berubah-ubah seiring waktu, juga tergantung pada kelembaban, bisa jadi sensor diatas kadang sensitif kadang tidak dikarenakan kondisi kelembaban kulit / tubuh.
NB: Saat menyentuh 2 sensor, posisi kaki tidak boleh Ground atau langsung menyentuh Tanah Gan, karena arus dari titik sentuh 1 akan dibuang ke tanah dan rangkaian tidak akan ON ... jadi harus pake sandal saat nyentuh 2 sensor, jangan "Nyeker".. dan jika sandal basah atau kondisi hujan maka kaki harus di angkat saat nyentuh sensor..repot khan...haha..tapi jadi lebih aman jika ketemu maling-maling yang beroperasi saat hujan ...
Buat saya pribadi rangkaian ini termasuk paling simple, ga rewel dan aman buat aki motor, karena sensor hanya bekerja jika kontak On .. jika kontak Off, sensor tidak memakai listrik sama sekali dan tidak mungkin On sendiri.
Semua rangkaian diatas hanya bersifat Anti Elektric Starter maupun Kick Starter , jadi motor tidak bisa dihidupkan sebelum sensor disentuh..tapi motor masih bisa didorong atau diangkut Gan.. so sebaiknya tambahkan pengaman lain.
Buat saya pribadi rangkaian ini termasuk paling simple, ga rewel dan aman buat aki motor, karena sensor hanya bekerja jika kontak On .. jika kontak Off, sensor tidak memakai listrik sama sekali dan tidak mungkin On sendiri.
Semua rangkaian diatas hanya bersifat Anti Elektric Starter maupun Kick Starter , jadi motor tidak bisa dihidupkan sebelum sensor disentuh..tapi motor masih bisa didorong atau diangkut Gan.. so sebaiknya tambahkan pengaman lain.
Wiring Diagram Honda Beat
Saran : Dalam modifikasi sambungan kelistrikan motor ,sebaiknya jangan menggunakan isolasi untuk menutup sambungan kabel, lebih disarankan menggunakan Selongsong Bakar karena selain lebih kuat, juga tahan air
UPDATE : Beberapa pembaca sudah mencoba dan mungkin mengalami kendala rangkaian tidak berfungsi, maka yang harus di perhatikan adalah :
Sebelum membuat rangkaian, cek dahulu setiap komponen yang akan dipasang, karena komponen baru beli di toko pun belum jaminan komponen tersebut bagus.
1. Cek SCR-nya, SCR jika anda beri arus pada Gate, maka Anoda dan Katoda akan terhubung.jika tidak terhubung berarti SCR putus. Jika Gate belum diberi arus ternyata Anoda dan Katoda sudah terhubung berarti SCR Short/konslet.
2. Cek Relay, jika di beri arus pada kaki 1 dan 3 maka relay akan bunyi Klik/ON. Jika tidak klik berarti Relay mati.
3. Cek pemasangan dioda IN4148, jika memasangnya terbalik akan membuat SCR rusak/konslet.
Jika semua komponen tersebut ternyata OK tapi di sentuh tidak ON, coba langsung hubungkan titik sentuh 1 dan 2 dengan kabel, jika ternyata ON, berarti titik sentuh kurang sensitif atau kualitas SCR-nya buruk/ SCR sudah lemah. Titik sentuh/ Baut yang terlalu kecil juga bisa mengurangi sensitifitas.
saya tertarik gan..apkah rangkaian untuk beat bisa d pasang d supra 125
BalasHapusJika untuk dipasang di Supra, pake rangkaian untuk revo Om,karna untuk Beat saya gunakan jalur standart samping,untuk supra bisa mengambil jalur kontak,jadi walau kontak On,sebelum sensor disentuh motor tidak bisa dinyalakan.
Hapusktrimakasih jwaban'a.
BalasHapuslo yg mesin nyala normal trus masuk gigi mati gmna gan skemanya.kalo ada
Mohon Maaf Om, belum pernah coba yang sistem masuk gigi mesin mati..:D
HapusBantu jawab gan,harus arus negatif cdi yg di potong,kemudian disambung satu ke lampu netral satu lagi ke rangkaian/switch on off.
HapusTerima kasih Om Hadie..Sallam :D
HapusMakasih,sangat membantu.
Hapusgan.. untuk motor beat dari sumber kan 12VDC kan yaa? nah klo masuk ke komponen apa nggk ngaruh dengan sistem komponennya? apa harus diturunkan dahulu ke 5VDC?
BalasHapusTerima kasih sudah mampir, maaf saya kurang paham pertanyaan anda, untuk apa di turunkan ke 5V DC Mas..?..semua aki motor pasti 12V dan memang itu yang dibutuhkan.
Hapushehee.. maaf mas masih newbie baru belajaran, lalu untuk relaynya cara menentukan kaki (+) dan (-) bagaimana yaa mas? saya menggunakan relay pin 8 bukan *mron nah saya masih bingung menentukan kaki (+) dan (-) karna tdk tertera pada body relay.
Hapusdi tunggu jawabannya..
Terimakasih.
Relay tidak memakai polaritas Mas, ( + ) dan ( - ) bisa dipasang bolak balik. jika tidak ada keterangan di body, untuk menentukan kakinya bisa pakai multitester Mas.atau langsung dengan tegangan,biasanya kaki 1 ditandai dengan titik pada body relay. kaki yang ada titiknya tinggal anda kasih tegangan positif nah tegangan negatif tinggal anda coba tempelkan di kaki kaki yang lain. jika relay berbunyi klik,maka itu kaki negatif.Lebih mudah pakai relay 5 kaki Mas,Relay 10A seperti gambar diatas harganya cuma 5 ribuan kok.
HapusTerima kasih sudah mampir..:D
BalasHapuskalo di pasang di vario 125 iss, gmna Gan?
BalasHapusMaaf saya tidak begitu paham sistem kelistrikan Vario iss,saya rasa lebih aman di pasang sensor tipe Revo diatas .karna hanya memutus jalur kontak.
Hapusgan kalo sistem seperti itu , berarti sebelum sensor di sentuh(relay masih off) , kelistrikan ( indikator lampu N , klakson dan sign mati total ya ??)
BalasHapusBenar Mas,kondisi sebelum sensor disentuh sama saja dengan motor belum di kontak.karena sistemnya menggandakan kunci kontak.kecuali sistem untuk Honda Beat/memutus switch standar samping.Panel,klakson,lampu sign tetap bisa menyala.
Hapusmaaf gan nanya lg itu dioda IN4148, dioda zener ap biasa?
BalasHapusn gmna cra kita ngcek rangkaian udh bkrja ap blum sblum kita pasang k motor? ap bisa mmnggunakan aki
Dioda IN4148 bentuknya sama dengan Zener Mas, bisa diganti dengan dioda high voltage seperti IN4001, IN4002 dst.Untuk cek rangkaian bisa anda gunakan aki, pasang Positif dan Negatif ke aki, lalu anda sentuh 2 sensor, jika relay On/bunyi klik berarti rangkaian bekerja.jika anda juga memasang Led maka Led akan menyala.
Hapustrimakasih jawaban'a besok d coba lg
BalasHapusudah jd gan n udh berfungsi. cuma saya baru tes di aki. tp saat kaki lngsung mnyentuh tnh kox ttp bekeerja ya gan? untuk nilai r d perbesar/prkecil biar lebih sentitif/sbalik'a?
BalasHapusPertama, saat pengujian dengan aki, usahakan aki jangan dilantai Mas,bisa di letakkan di meja.Saat menguji dengan aki, walau kaki Ground kadang tetep bisa On karena Arus aki hanya dipakai buat Sensor, saat dipasang dimotor, saat dikontak, maka arus aki dibagi ke motor.sebaiknya anda coba pasang dimotor saja Mas,kalo misal kaki Ground tetep bisa On malah bagus khan, ga repot..hehe..
Hapusudah saya psang d motor mas. tp kox kurang sensitif ya. saat memegang titik harus d tekan. ada solusi mas?
BalasHapusKurang sensitif bisa dari nilai resistornya,kualitas kabelnya/sambungannya,atau besarnya baut untuk sentuhnya Mas,makin besar baut makin sensitif biasanya.juga bisa dari kualitas SCR yang dipakai,jika SCR yang kurang sensitif,maka di sentuh tidak cukup harus ditekan,. Mas,Saat diuji langsung dengan aki biasanya sensitifitas berbeda dengan saat dipasang dimotor.
Hapusya mas mungkin kwalitas scr saya jelek. soal'a harus saya tekan baru on, biar lbh sensitif nilai R d perbesar/d perkecil mas?
BalasHapusCoba R2 nya di perbesar nilainya Mas..atau kalo ingin benar2 sensitif bisa tambah 1 transistor lagi disusun Darlington Mas..jadinya seperti ini http://i67.tinypic.com/2cpw1lh.jpg
Hapusya mas nanti d coba lg? tr NPN/PNP mas?
BalasHapusbrrti 1 z ya mas? klo yg d gambar kan 2 ya?
Transistor pake NPN Mas.Transistor tinggal tambah aja Mas, misal anda pake BC337 ya tambah 1 lagi BC337.Gain nya jadi 2 kali lipat Mas alias 2 kali lebih sensitif dibanding 1 transistor Mas.
BalasHapusMasukkan komentar Anda...maaf mas aku pasang rangkean revo di motor new mio soul tapi kalau di kontak 2 kali kok langsung nyala kenapa ya mas? Terus aku coba rangkaian yg buat beat di standar sampingnya tapi malah ngk bisa icunya ngk mau nyala otomatis motor ngk mau start, padahal sensor sudah terhubung, gimana solusinya mas?
BalasHapusApa anda memasang 2 sensor di 1 motor Mas..? ..untuk sensor Revo seharusnya dikontak berapa kali pun ga akan On sebelum di sentuh Mas,karena Gate SCR (titik sentuh 2) tidak mendapat arus.jika di kontak 2 kali On,kemungkinan SCR mendapat arus,atau SCR sangat sensitif.jika terlalu sensitif, bisa anda buang transistornya, coba Mas cek juga titik sentuhnya, mungkin baut menempel di body atau yang lain.Testing awal saya pakai aki dulu Mas, setelah oke saya test di motor.
BalasHapusUntuk modifikasi kelistrikan Motor,seperti memasang pengaman dll,sebaiknya Mas punya Wiring Diagram motornya /Mio Soul. Saya tidak punya diagramnya Mas,jadi pengkabelan standart samping Mio saya juga tidak paham,pemasangan sensor di kontak ataupun di Standart Samping seharusnya tidak mengganggu kinerja motor Mas,karena kita hanya menambahkan saklar.
HapusMet mlm mas. Nyambung yg kmren lg udh saya tmbh 1tr lg ko msih ttp kurang sensitif jg ya..r2 jg udh coba d gedein
BalasHapusSeharusnya sensitif Mas, saya sudah membuat lebih dari 10 Rangkaian sensor diatas hanya pake 1 TR dan cukup sensitif, coba ada cek atau ganti SCR 2p4m dengan yang bagus/baru.
HapusKalo sudah di cek semua masih tetap kurang sensitif..anda ubah saja jalurnya mengikuti rangkaian aslinya Mas (Amal).karena Rangkaian aslinya sangat sensitif, makanya saya ubah jadi sensor sentuh ganda.
HapusBenar Mas,saya membuatnya di PCB bolong , masalah tahan air atau tahan guncangan tergantung pengemasan dan penempatan Mas,ya kalo sensor kita tempatkan di Shock Breaker ya pasti cepet rusak karna kehujanan dan goncangan Mas wuehehe..kualitas solderan dan sambungan kabel harus kuat Mas, kalo bisa sambungan kabel tutup dengan selongsong bakar (jangan pake isolasi), jika ingin benar2 tahan air, rangkaian bisa anda cor dengan Resin. Sensor di motor saya pasang dalam body dekat kontak Mas, dan Alhamdulillah sejak pemasangan sampai sekarang tidak pernah bermasalah..:D
BalasHapusBisa saja dibalik Mas,jika input negatif dari standar samping, maka saat standart samping turun maka motor mati dan sensor ikut mati,jika input di ambil lewat ICM, maka saat Standart samping di turunkan motor mati tapi sensor tetap hidup, jadi kalo kita berhenti dan turun sebentar cukup turunkan standart samping dan ga perlu menyentuh sensor lagi kalo mau jalan lagi.kira-kira begitu Mas.
BalasHapusBisa Mas,diganti dengan dioda high voltage semisal IN4001,IN4002,IN4007 dst.
BalasHapusSelera saja sih Mas, saya pribadi lebih suka pake standart samping karna saat kontak On,walau sensor belum disentuh lampu panel, sein dan klakson juga menyala.kalo memutus kontak maka semua mati sebelum sensor disentuh..
BalasHapusJika setiap di kontak langsung On padahal belum di sentuh...kemungkinan pertama SCR short Mas...SCR jika gate di beri arus, maka anoda dan katoda terhubung,jika tanpa arus sudah terhubung berarti short Mas..saat membuat rangkaian diatas, percobaan pertama pake aki saja dulu Mas, kalo sudah oke baru pasang di motor..
BalasHapusDioda IN 4148 adalah dioda pengaman dari Back EMF yang dihasilkan relay saat Off Mas.saat Relay Off, maka lilitan relay akan menghasilkan arus balik dengan voltase tinggi, jika tidak dipasang dioda maka voltase tinggi tersebut dapat merusak komponen lainnya.Dioda ini diperlukan pada hampir semua rangkaian yang menggunakan relay.
BalasHapusJika memasang dioda IN4148 terbalik, maka SCR akan Short Mas.
HapusKemungkinannya masih sama Mas, SCR Short.test tiap komponen sebelum di pasang Mas.SCR jika Gate belum di beri arus, maka Anoda dan Katoda tidak terhubung.Setelah rangkaian jadi, anda test dengan aki saja.jika pake aki sudah oke, baru pasang di motor, dan hindari pemasangan titik sentuh pada baut yang menempel pada chasis motor.
BalasHapusShort itu sama saja konslet Mas, alias terhubung.Anda harus cek SCR dulu,apakah SCR nya normal,Jika pemasangan komponen semua benar dan komponen semuanya baik, maka saat di kontak tidak akan ON, karena Gate SCR tidak mendapat arus dari manapun.saat disentuh baru Gate SCR mendapat arus.sebaiknya Testing tiap komponen sebelum di pasang Mas, Misal anda testing awal dengan aki, usahakan aki jangan di lantai.Kualitas SCR juga mempengaruhi sensitifitas.Rangkaian untuk Revo saya sudah membuat lebih dari 10 rangkaian Mas, dan Alhamdulillah tidak ada kendala :D
BalasHapusBisa saja Mas, pada gambar rangkaian di atas ( AMAL ) sudah ada skema dengan buzzer, rangkaian dengan buzzer butuh Relay DPDT (8 kaki), saya pribadi belum pernah mencoba Mas.. :D
BalasHapusMau tanyak mas...bagaimana cara buat sensor sentuh pada pintu gerbang... apa rangkaian diatas bisa diaplikasikan..??
BalasHapusKarna didesa saya banyak maling mas.. mohon pencerahanx..
Sensor sentuh kurang efektif jika dipasang di pintu gerbang Mas,pintu gerbang umumnya berbahan Logam dan tentunya terhubung dengan Tanah/Ground, dan juga rawan terkena hujan.Jika ingin alarm berbunyi saat pintu gerbang di buka, tinggal anda pasang saklar NC pada Pintu Gerbang, tinggal dihubungkan dengan rangkaian alarm,jadi saat dibuka alarm akan ON.untuk pengunci alarm bisa ditambah SCR, jadi alarm tetap berbunyi walau gerbang ditutup lagi oleh malingnya.
HapusKira-kira seperti ini Mas
Hapushttp://i66.tinypic.com/2hx8uaf.jpg
Mas saya udah buat rangkaiyan diatas. Tapi kurang sensitif . Bagaimana itu mas?
BalasHapusKurang sensitif bisa banyak faktor Mas, bisa kualitas kabel yang dipakai,kualitas solderan/sambungan,kualitas komponen yang dipakai, titik sentuh kurang lebar/baut terlalu kecil atau bisa juga saat menyentuh pakai sendal basah/ground.Pertama pastikan komponen yang dipakai bagus,SCR 2P4M dipasaran ada 2 jenis Mas, yang bagus dan yang biasa, SCR yang bagus ditandai dengan 1 titik di kanan atas dan 1 titik kiri bawah. Seperti ini Mas
Hapushttp://www.taydaelectronics.com/media/catalog/product/cache/1/image/500x500/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/2/P/2P4M-resize_2.jpg
Saat pembuatan anda tes dahulu dengan aki, jika sudah oke baru anda pasang di motor.jika kurang sensitif coba anda kurangi R1 jadi 1K.
Oke..makasih mas ...saya cobak rangkai dulu.
BalasHapusTrimakasih mas. Rangkaiyan nya sudah jalan ternyata bidang sentuhnya kurang luas.
BalasHapusSiip..terima kasih sudah mampir Mas..Sallam..:D
Hapussorry new,maaf mas tunjukin gambar bahan yg diperlukan seperti r1 1k r2 scr relay dll
HapusGambar SCR ada di atas komentar ini Mas, gambar relay ada pada posting di atas, untuk resistor dll, banyak gambarnya di Google Mas.. :D
Hapusmau nanya mas..kaki relay yang satunya arahnya kemana mas..apa g di pake apa gmana
BalasHapusTidak kemana-mana Mas..hehe, yang dipakai hanya kaki NO saja, kaki NC tidak dipakai.
Hapuskalau di rangkaian kq gabung sama kaki no 1 dan 2 mas..
BalasHapusMaksud anda rangkaian yang mana Mas?..Rangkaian diatas input Relay Kaki 1 diberi arus Positif, dan kaki 3 di beri arus Negatif, pada rangkaian Revo maka kaki 1 dan kaki 2 di gabung dan memakai arus positif.untuk rangkaian Beat kaki 2 dan kaki 3 di gabung dan memakai arus Negatif. sedangkan output relay yang di pakai hanya kaki NO saja.
HapusPada pemasangan komponen Revo, R1 10K terhubung dengan kaki 1 mendapat arus positif,maka kaki NC bisa dijumper ke kaki 1 dan ke R1 untuk mempermudah pemasangan saja/lebih rapi.tapi kalo R1 ingin di pasang di depan/input juga ga masalah kok Mas,kaki NC di biarkan saja..oh ya..jumper ke kaki NC ini hanya berlaku untuk rangkaian Revo saja.
Hapusoke makasih infonya mas..
BalasHapusSama-sama Mas..terima kasih sudah mampir dan semoga bermanfaat...Sallam.:D
Hapussaya mau pasang di motor supra x soalnya..
BalasHapusDitunggu reviewnya hasilnya Mas..:D
Hapushasilnya mantap boss..udah saya pasang..mkasih y boss
BalasHapusTerima kasih kembali Mas..salam karya dan sukses selalu..:D
Hapusoke boss..
BalasHapusMaaf gan mau tanya, itu berarti ada dua titik yg harus disentuh bersamaan atau bagaimana?
BalasHapusBenar Mas,harus disentuh dua-duanya,makanya di sebut sensor sentuh ganda..hehe..karena rangkaian diatas memanfaatkan tubuh kita sebagai kabel yang menghubungkan titik sentuh satu dan titik sentuh 2 untuk menyalakan relay..:D
HapusWahh iyaa ini baru saya coba.coba di rangkaian ternyata jadi, tapi belum saya terapkan di motor beat saya.. :D ohya gan tanya bagaimana pemasangan penempatan rangkaian yg efektif sama instalasi di motor beat pgm fi....maaf gan lagi kepo :D
HapusPenempatan sebenarnya selera saja Mas,bisa di pasang di baut mana saja selama bautnya tidak menempel Chasis motor,yang penting tidak gampang di tebak maling..hehe.Beat saya, titik sentuh 1 di baut sayap sebelah kanan dan sentuh 2 di baut bawah jok depan. Untuk box sensor saya tempatkan dalam body dekat kontak Mas, saklar manual saya tempatkan di bawah aki motor jadi tidak terlihat kecuali aki diangkat (Beat versi lawas/aki di bawah jok).
HapusBaik...baik...baik... cara nyambung.nyambungnya gan masih bingung...kabel mana saja yg harus di sambung... penginya kaya beatnya agan itu :D
HapusKeterangan sambungan sudah ada pada posting diatas Mas.pada standart samping Beat ada 2 kabel, kabel Hijau Tua dan Hijau muda ,saat memasang di motor, pastikan kunci kontak kondisi Off, lebih aman jika aki di lepas.setelah pemasangan selesai dan semua sambungan sudah ok.baru pasang aki dan tes.
Hapusmudah2an di jwab ama admin'a..
BalasHapussya udah pasang di pcb bolong..saya tes pake aki ko aga ada sinyal sama sekali..
Terima kasih sudah mampir...Tidak ada sinyal itu seperti apa Mas..?..mungkin antenanya kurang tinggi..wuehehee..Begini Mas..Setelah rangkaian dibuat, tes awal memang sebaiknya pake aki Mas.jika semua sambungan benar dan komponennya bagus..seharusnya jadi..sebelum membuat rangkaian, cek dahulu setiap komponen yang akan dipasang, karena komponen baru beli di toko pun belum jaminan komponen tersebut bagus.pertama Cek SCR-nya, SCR jika anda beri arus pada Gate, maka Anoda dan Katoda akan terhubung.jika tidak terhubung maka SCR putus.jika belum diberi arus pada Gate ternyata Anoda dan Katoda sudah terhubung berarti SCR Short/konslet.yang kedua Cek Relay, jika di beri arus pada kaki 1 dan 3 maka relay akan bunyi Klik/ON.ketiga Cek pemasangan dioda IN4148, jika memasangnya terbalik maka SCR akan Short.jika semua komponen tersebut ternyata OK tapi di sentuh tidak ON, coba langsung hubungkan titik sentuh 1 dan 2 dengan kabel,jika ternyata ON, berarti titik sentuh kurang sensitif atau SCR sudah lemah.
Hapusmau nanya bos....motor saya kalau jalan alarmnya suka mati mati sendiri...itu apannya y bos....trims
BalasHapusMaaf Mas,Alarm apa ya?..saya belum pernah mencoba rangkaian diatas yang ditambah alarm.
HapusTR hanya berfungsi sebagai penguat saja Mas,jika di pasang maka akan lebih sensitif titik sentuhnya,jika SCR benar-benar sensitif, maka TR tidak dipasang juga tidak masalah.jika BC337/BC547 susah dicari, bisa pakai TR NPN tipe apa saja Mas, misal 2N2222, 2N3904, yang penting Transistor NPN Mas.
HapusMemutus jalur kontak bisa di terapkan pada semua tipe pengapian Mas AC maupun DC...karena fungsinya hanya menggandakan kunci kontak..:D
Hapusitu rangkaian yang diatas...saya kan udh make kurang lebih sebulan..tpi beberapa hari ini..rangkaian tersebut sering mati sendiri..saya takutnya klau mati pas tanjakan..kan bahaya bos...mohon solusinya bos..kira kira apanya..mksh
BalasHapusSering mati sendiri..?..kemungkinannya 2 Mas,SCR yang anda pakai ORI atau KW..? pertama penguncian SCR tidak stabil (kualitas SCR buruk/lemah),SCR 2P4M ori ditandai dengan 1 titik di kanan atas dan 1 titik di kiri bawah pada bagian depan body SCR..ada gambarnya di komentar atas.yang kedua coba cek tiap sambungan kabelnya Mas,pastikan sambungan kabel kuat terutama input (+) dan (-) nya, sebaiknya sambungan di bungkus dengan selongsong bakar/jangan pake isolasi,motor berjalan pasti bergerak/bergetar, jika sambungan tidak kuat, rangkaian bisa mati sendiri..Saya sudah setahun pakai rangkaian diatas Mas..alhamdullilah belum pernah bermasalah.
HapusMin? Mau tanya untuk rangkaian sensr sentuh untk motr beat pengpian dc pkek yg revo ya? Trs itu out relay kmna min?
BalasHapusUntuk Honda Beat bebas Mas, anda mau bikin yang versi Revo (memutus jalur kontak) atau bikin yang versi Beat (memutus jalur standart samping).Output relay yang di pakai hanya kaki NO saja, kaki NC tidak dipakai.
Hapusmksh infonya mas..
BalasHapusSama-sama Mas..ditunggu review hasilnya..:D
Hapusganti baru smua mas..hasilnya joss lh..thanks mas..
BalasHapusSama-sama Mas...semoga bermanfaat..Sallam..:D
HapusMakasih mas bro atas ilmu yg di posting,ane udah coba rangkai hasilnya bagus....
BalasHapusTerima kasih sudah mampir dan berkenan mencoba rangkaian saya yang alakadarnya Mas..Sallam..:D
HapusMakasih mas bro atas ilmu yg di posting,ane udah coba rangkai hasilnya bagus....
BalasHapusTerima kasih sudah mampir dan berkenan mencoba rangkaian saya yang alakadarnya Mas..Sallam..:D
HapusSudah saya jawab pada komentar diatas Mas..:D
BalasHapusTerima kasih sudah berkenan mampir dan mencoba rangkaian saya yang alakadarnya Mas..sallam...:D
BalasHapusGan pingin lihat transistor kl di gabung seperti apa ya,yg BC 557,soalnya kurang sensitif.thx
BalasHapusAda gambarnya pada komentar diatas Mas..
HapusKurang sensitif bisa banyak faktor Mas, bisa kualitas kabel yang dipakai,kualitas solderan/sambungan,kualitas komponen yang dipakai, titik sentuh kurang lebar/ baut terlalu kecil atau bisa juga saat menyentuh pakai sendal basah/ground.Pertama pastikan komponen yang dipakai bagus,SCR 2P4M dipasaran ada 2 jenis Mas, yang bagus dan yang biasa, SCR yang bagus (ORI) ditandai dengan 1 titik di kanan atas dan 1 titik kiri bawah.
Hapusbagus nih artikelnya gan...
BalasHapussemoga ilmunya bermanfaat...
untuk sodara2 yg tdk punya cukup waktuk
untuk belanja dan bikin sendiri
kami menyediakan beberapa prodak yg sudah jadi
tinggal pasang dg harga berfariasi
mulai dari 35.000 - 100.000
barang bergaransi 1 th
untuk lebih lengkapnya bisa lihat di
http://arimahadana.blogspot.co.id atau
http://alarmmotorsensorsentuhmurah.blogspot.co.id
dengan rangkaian sensor seperti itu klo sensor terkena air hujan/saat di cuci langsung on apa enggak Gan?
BalasHapusTergantung Mas..hehe..kalo kondisi hujan atau pas dicuci itu kunci kontaknya On dan penempatan kedua titik sentuhnya sangat dekat..bisa jadi On...buat saya pribadi rangkaian ini termasuk paling mudah dan ga rewel Mas..artinya..sensor hanya bekerja jika kontak On..jika kontak Off, sensor tidak memakai listrik sama sekali dan tidak mungkin On sendiri.
HapusMantabb juga gann ..
BalasHapusTerima kasih Om.. :D
Hapusalhamdulilah seklai coba langsung jreng sesuai harapan .. saya terapkan di motor vario cw 110 dan di New Vixion dua2nya bagus dan dua2nya pakai rangkayan Motor Revo ... terimakasih agan admin artikel sangat bermanfaatttt.... maju terus.. :D
BalasHapusTerima kasih sudah berkenan mampir dan mencoba rangkaian saya yang alakadarnya Mas..Sallam.. :D
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGan saya udah coba bikin rangkaian diatas, sistem memang bekerja, tpi kurang sensitif. Masalahnya SCR saya bukan yg bagus, seperti yg Agan anjurkan (susah banget nyari SCR yg seperti yg Agan sarankan).
BalasHapusDan akhirnya saya tambahkan 2 transistor seperti yg Agan anjurkan, dan nilai R2 saya ganti 10K tapi tetep kurang sensitif. Yang ingin saya tanyaka kepada Agan, berapakah nilai maksimal nilai R2 yg bisa saya ubah Gan?
Terimakasih...
Kurang sensitif bisa banyak faktor Mas, bisa kualitas kabel yang dipakai,kualitas solderan/sambungan,kualitas komponen yang dipakai, titik sentuh kurang lebar/baut terlalu kecil atau bisa juga saat menyentuh pakai sendal basah/ground.Nilai Resistor sebenarnya tidak ada patokannya Mas,nilai bebas bahkan bisa tanpa resistor karena tubuh kita sendiri berfungsi sebagai resistor.dan resistansi tiap orang berbeda juga tergantung kelembaban kulit.jadi anda bisa uji tanpa resistor atau mengubah-ubah nilai tiap resistor sampai dapat sensitifitas yang di inginkan.
HapusTrimakasih Gan. Oiya gan ada yang mash mau saya tanyakn, "semakin tinggi nilai resistor apa semakin tinggi nilai yang dikeluarkan/dihasilakan dan semakin keci nilai resistor apa semakin kecil nilai yang dikeluarkan/dihasilakan" Gan?
BalasHapusFungsi Resistor adalah menghambat Arus Mas, jadi semakin besar nilai Resistor maka semakin kecil arus/ampere yang mengalir dan sebaliknya. http://i64.tinypic.com/4kader.jpg
HapusOm admin. Maap nii ganggu. Saya udah coba. Di coba di accu berhasil. Pakai lampu. Pas diaplikasikan ke motor ko ga brfungsi ya. Saya udah putus kabel kontak. Jd kaya ga ada arus. Pdahal kelistrikan motor normal.
BalasHapusApakah sambungan Positif dan Negatif ke motor sudah benar..? di pasang di motor apa Mas..?
HapusMas bs kah SCR nya saya ganti pake mosfet irfz 44n trimakasih
BalasHapusTidak bisa Mas, sifat SCR berbeda dengan Mosfet.
HapusGan,sy sdh bkin alarm tp maaf,skema bkn sprti yg agan buat.
BalasHapussy liat di youtube saat demo pemasangan alarm sentuh di honda blade.
saat kontak on,lampu spedo,sein,klakson,stater hidup smua.tp slama sensor gk di sentuh,mesin gk hidup skalipun di engkol.
saat penyambungan kbel ny,ada yg buat sy ragu untk penyambungan ny gan,krn di youtube pke honda blade.sedang pny sy new jupiter mx.
pd honda blade yg di putus jlur pengapian ny,wrn kbel yg di putus wrn hitam.
pd new jupiter mx,kabel pengapian wrn apa yg di putus gan.
Versi yang anda lihat di youtube saya rasa versi Pulser Mas ada pada gambar pertama posting di atas..artinya saat sensor belum disentuh pulser terhubung dengan massa dan membuat sistem pengapian tidak berfungsi,system kelistrikan normal tapi motor tidak bisa di hidupkan.Untuk warna kabel sebaiknya Mas cari wiring diagram sesuai jenis motor yang anda punya.
HapusTolong di bantu gan kenapa lampu bohlam belakang sepeda BEAT saya gampang mati dan saya coba tes pakek tester voltase naik hingga 13-15 vol
BalasHapusMaaf Mas, apakah Bohlam putus semenjak anda memasang sensor diatas..?..karena selama saya memakai sensor diatas tidak ada pengaruh apapun ke kelistrikan motor saya.Jika masalah anda terjadi tanpa pemasangan sensor/ accesoris apapun, ada baiknya motor di periksa ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya.
HapusMaaf bos saya mau nanya itu kaki nc di gabung ke kaki no 1 ya? Terimakasih
BalasHapusPada pemasangan komponen Revo, R1 10K terhubung dengan kaki 1 mendapat arus positif,maka kaki NC bisa dijumper ke kaki 1 dan ke R1 untuk mempermudah pemasangan saja/lebih rapi.tapi kalo R1 ingin di pasang di depan/input juga ga masalah kok Mas,kaki NC di biarkan saja..oh ya..jumper ke kaki NC ini hanya berlaku untuk rangkaian Revo saja.
HapusMas klo di motor mio gimana ya sya rangkaian nya udh jadi tinggal pasang itu gimana tolong infonya terimakasih
BalasHapusMas sya rangkaian nya udh jadi klo di pasang di mio gimana ya tolong infonya terimakasih
BalasHapusAnda bikin rangkaian versi Revo atau Beat Mas..?..kalau Revo ya tinggal mutus jalur kontak saja.
HapusMas mau tanya, aku baca komen di atas kalau misal di pasang di pagar depan rmh tidak biasa, klw misal di pasang di pintu rumah bisa ga kn semua nya kayu, dan klw di kasih arus listrik rumahan rangkaian nya ada yg di rubah ga.
BalasHapusKeperluannya untuk apa Mas..?
HapusUntuk pengaman di kasih alarm gitu bisa ga, soal nya tmpt ku banyak maling mas...
HapusUntuk alarm pintu sepertinya sudah pernah saya bahas di komentar di atas Mas.
HapusMantap gan
BalasHapusTerimakasih sudah mampir Gan.. :D
HapusMau tanya gan. Buat yang rangkaian honda beat.
BalasHapusKabel dari rangkaian yang menuju ke standar samping itu disambungkan ke input standar atau output dari standar gan?
Itu terserah Agan saja.jika di ambil input maka saat standar samping turun motor mati tapi sensor tidak,jadi kalo mau jalan lagi tinggal naikan standart trus stater, jika di ambil output maka saat standar samping turun,motor mati dan sensor ikut mati.kalo mau jalan lagi harus nyentuh sensor lagi.
Hapusmas ini 1atw 2 titik sentuh sih udah di coba aq sentuh di R1 lansg on jd R2 tdk ad fungsi trs titik sentuhnya kl kena air jg ON sendiri tanpa di sentuh
BalasHapusPeriksa jalurnya Mas,2 titik sentuh jika kontak tidak On tidak mungkin sensor On sendiri.Jika kontak On Sensor ikut On..maka ada kebocoran arus yang memicu SCR atau SCR nya Short.Kalo cuma R2 yang disentuh sudah On,berarti sensitifitasnya SCR bagus.Kalo R1 yang disentuh sudah On..berarti ada yang tidak benar.Sensor tidak mungkin On walau kena air kecuali titik sentuh 1 dan 2 sangat dekat dan air menghubungkan 2 titik tersebut.saat sudah dirakit,pengujian pake aki dulu dengan syarat aki jangan di lantai/ground.jika oke baru pasang di motor dan pastikan titik sentuh/baut tidak ada yang menempel di chasis Motor.
HapusMas,, ini motor kawanku kuncinya hilang semua,, itu yg rangkaian revo apa bisa di langsungkan tanpa kunci kontak???
BalasHapusKalau mau sedikit modifikasi ya bisa saja Mas..tinggal kunci kontak anda ganti saja dengan saklar On Off, lalu hubungkan ke sensor diatas. Jadi kalo mau hidupin motor tinggal tekan tombol On dan sentuh sensornya.untuk matiin motor tinggal di offkan saklarnya.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMudah2n d jwb...
BalasHapusGan kalo sensor sentuh dgn mosfet cara pemasangn ke side stand samping gmn ya??
Mksh...
Mohon maaf Mas, saya belum pernah membuat yang versi Mosfet.
HapusMaaf gan..gimana caranya menambahkan buzer /alarm gan..trimksih
BalasHapusDigambar rangkaian no 2 dari atas (AMAL) ada Gan..tapi saya pribadi belum mencoba.
HapusMin disitu catatan hindari pemasangan titik sentuh pada baut motor yang terpasang pada chasis motor gimana min,sedangkan kita emang mau pasang di bagian bagian baut motor untuk titik sentuhnya
BalasHapusTidak semua baut motor nempel di Chasis Mas, misal baut pada sayap motor rata2 tidak menempel pada Chasis, hanya 2 atau 4 baut saja yang nempel Chasis. sisanya bisa Mas pakai sebagai titik sentuh. Motor Revo saya titik sentuh pada baut sayap paling atas sebelah kanan dan kiri. Sedangkan yang Beat titik sentuh di baut sayap kanan atas dan baut bawah jok depan.
HapusMas mau tanya itu yang sensor sentuh pertama yang ada resistor 10k nyambung sama positif in arus apa ?
BalasHapusMaaf karena kesibukan baru sempat membalas, saya tidak paham dengan pertanyaan anda Mas.Titik sentuh pertama diambil dari tegangan Positip dan diberi Resistor Mas.jadi saat kita sentuh kedua sensor arus akan mengalir dari sensor sentuh 1 menuju sensor sentuh 2 melalui tubuh kita..kalau pertanyaan anda itu arus apa..saya juga tidak bisa jawab. :D
Hapusgan
BalasHapuskan udah kami tes tu sensor
sensornya knpa klo disentuh ngga mau on
tapi klo kabelnya disatuan baru dia mau on
Sudah dijelaskan pada posting diatas Gan.
Hapusgan kalau yg 1 titik sentuh tapi untuk pengapian DC bagaimana ya
BalasHapussaya udah buat. 3 bulan berjalan jadi eror. kadang saat si jalan motor maati sendiri bang. tolong bang. padahal komponennya juga udah yang paling bagus.
BalasHapusPengaman saya masih normal jaya sampai hari ini Mas...pakai SCR ori..pakai relay Omron, kabel besar dan semua sambungan kabel dan solderan komponen saya pastikan kuat.
HapusSalam kenal gan... Sy mau tanya itu antara gambar rangkaian ama skema ada yg beda yah gan.. Klo d gb. Rangkaian dari positif lewat dioda IN4007 ke zener 13v baru ke kaki c dari scr nah untuk gmbr skema dari dioda IN4007 langsung ke kaki c dr scr tanpa zener .. Mhon pnjelasanya gan trims sebelunya
BalasHapusMaaf gan salah halaman td lg baca yg skema casan aki otomatis kok malah geser ke rangakian pengaman motor..
BalasHapusTerimakasih sudah memberikan ilmu dan informasi yang sangat bermanfaat.
BalasHapussalam kenal bang admin, saya pemula di elektronik, saya sudah mencoba rangkaiannya dan dapat di aplikasikan di motor. kalo mau ditambahin alarm rangkainnya gimana ya bang...
tolong buatkan sekemanya dan komponennya yang terhubung dengan pengaman diatas dan kirimkan ke rohim.ahmad19@gmail.com
Yang berikut alarm ada di rangkaian pertama Mas (AMAL) saya pribadi belum mencobanya.
HapusGan
BalasHapussaya buat untuk motor honda beat Fi
ketika dicoba menggunakan aki sensor normal (dapat menghidupkan boklam untuk mengetesnya).
ketika saya aplikasikan ke motor, ketika sensor sentuh di sentuh keduanya reley berbunyi dan lampu led hidup (artinya sensor normal), tapi indikator motor tidak dapat hidup (bunyi injeksi, klakson, sen, stater motor tidak bisa). susunan kabel sudah mengikuti gambar. apa yang kurang / salah.. mohon petunjuknya.
Maaf baru reply Mas..jika sensor bekerja normal..harusnya di motor juga normal Mas..jika tidak, kemungkinan ada kesalahan dalam penyambungan kabel dari sensor ke kabel motor.
HapusMaf numpang nanya,penyambungan k sss nya gmana ya,minta tutornya donk
Hapusgan maaf saya mau nanya untuk rangkaian honda beat itu sensor sentuh 2 maksudnya apa ya... trus itu g ada yang kabel yang ke fulser ya.. maaf om kurang paham saya. sama boleh minta no wa donk om
BalasHapusMaaf baru balas, saya juga kurang jelas dengan pertanyaan Agan..Rangkaian Revo maupun Beat sama2 pake 2 sensor sentuh Gan..jadi harus disentuh dua-duanya baru bisa hidup.
Hapuspermisi mas, mau nanya kan sensor sentuh ganda yg tak buat sperti rangkaian diatas untuk motor supra x 125 kog tiap di on kan kunci kontak pasti langsung hidup ya, apa ada yang salah mas?...trimakasih sebelumnya
BalasHapusAda kemungkinan SCR Short atau konslet Mas..coba ganti SCR atau anda baca kembali bagian akhir posting diatas.
Hapusmalam Min, Untuk di yamaha Nmax Bisa Ga Min?
BalasHapusCaranya gmna?
Gan, mohon bantuan skema rangkaian alarm sensor sentuh untuk mobil innova reborn.
BalasHapusTerima kasih.
Mau tanya gan, yg rangkaian beat, input yg dr kontak berarti ngga motong jalur kontak yah (nyambung aja), apa motong jalur kontak),
BalasHapusSama output dr rangkaian yg nyambung ke kabel standart samping cuman tinggal sambung aja (paralel)
Mau tanya gan yg rangkain sensor buat beat,
BalasHapusKalo yg buat revo kan yg dipitus jalur kontak,
Berarti yg buat beat yg diputus jalur standart samping?
Maaf baru balas...benar Mas..di putus jalur standart samping/negatif.
HapusApakah cara di atas sama saja untuk motor type injeksi
BalasHapusBisa Mas..karna hanya memutus jalur kontak, alias membuat kontak double.
HapusMas itu cara pemasangan ke sapeda motornya gimana kan kabel switch standar ada 2 kabel itu disambungnya ke kabel yg mana mas dan cara penyambungannya di diputus kabelnya apa langsung Diseri mas?
BalasHapusMas jika SCRnya di ganti dg transistor bisa juga mas? tpi khusus yang beat itu mas
BalasHapusSCR bisa saja diganti dengan 2 transistor (cek google saja) cuma biasanya penguncian arusnya kurang stabil..sebaiknya tetep pakai SCR.
HapusSemua tipe scr bisa di pakai mas? Dan semua jenis transistor pnp bisa juga di pakai?
BalasHapusApakah tip 41 bisa tuk pemicunya?
BalasHapusTip 41 adalah transistor.bukan SCR Gan.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGan mau tanya. Saya buat rangkaian fi atas.. Hasil'y normal dan bagus...sensitif juga.... Tpi kenapa ya kaloo saya nyalain klakson kog langsung micu scr buat idup.. (klakdon keong).. Sya tidak pasang dioda zener'y di rangkain tersebut... Apa itu ya gara2'y.. Fungsi dioda zener di rangkaian diatas apa ya gan..?
BalasHapusMaaf baru reply...pemasangan zener wajib Mas.Zener berfungsi sebagai pengaman rangkaian dari back emf yg dihasillan relay saat Off..jika tidak dipasang..back emf bisa merusak komponen lain.
HapusSaya tertarik bos rangkaiannya,cuma yang saya mau,pas kontak on,relay langsung on,dan pas di sentuh relay jadi off. Buat jaga jaga sih bos,kalau lagi enak enak di pake jalan,eh relaynya mati kepanasan,hehehehe....
BalasHapus