Kamis, 02 April 2015

Charger HP Darurat dengan Aki Motor

Proyek kali ini simple, tapi saya rasa bisa berguna disaat darurat, misal skenarionya begini :

Anda sedang melakukan perjalanan jauh, misal Mudik atau touring,dan ternyata charger HP ketinggalan, powerbank lupa sekalian .. dan HP lowbatt di jalan / daerah yang listriknya agak susah ..naahhh .. lengkap sudah..

Dengan rangkaian sederhana ini,setidaknya anda masih bisa charging HP dengan mengandalkan daya dari aki motor ... anda ga perlu takut aki motor akan tekor, karena saat motor kembali dihidupkan,otomatis aki akan charging kembali .. biaya membuat rangkaian ini sekitar 10 - 15 ribuan, setelah rangkaian jadi,tinggal anda simpan di bawah jok motor, jadi kemanapun anda pergi bawa motor, tidak kuatir lagi HP lowbatt dijalan, prinsip kerjanya sama saja dengan charger HP di mobil ..
ini dia skemanya Gan..



Komponen :

2 buah Capit Buaya (Merah Hitam)
1 Dioda IN4007
2 buah Elco 10uF 25v
1 Resistor 5 Ohm 1 Watt
1 IC 7805
1 Heatsink (keping Aluminium Pendingin)
1 Kabel slot charger yang sesuai dengan HP anda

Cara kerja:

Arus dari aki akan disearahkan oleh Dioda menuju IC,oleh IC 7805 Voltase dari aki (12V) akan diubah menjadi 5V (Voltase umumnya Charger HP),arus akan ditahan oleh Resistor sehingga keluaran arusnya sesuai yang diinginkan untuk charging HP.
Saat mengubah tegangan input menjadi 5V output,  IC 7805 akan menjadi panas, maka harus diberi Heatsink.

Nilai Resistor maupun elco bisa anda ganti, untuk C1 boleh diganti selama nilai Voltase Elco diatas Voltase aki (Elco 16V,25V,35v dll). Untuk Resistor gunakan resistor 1 Watt , jika memakai resistor 5 Ohm seperti diatas, maka arus pengisian adalah 1 Ampere, jika memakai resistor 10 Ohm,maka arus pengisian adalah 500 mA. namun waktu charging akan 2 x lebih lama.

NB : Anda tetap bisa charging dalam kondisi motor berjalan (HP di charge di bawah jok motor), mesin motor pada RPM tertinggi akan menyuplai Voltase ke aki sekitar 13-15 Volt. Voltase input Maximum untuk IC 7805 umumnya adalah 35V dan outputnya tetap fix 5V jadi masih aman untuk rangkaian dan HP.

Rangkaian jadi seperti ini Gan, IC7805 dibawah Heatsink



Ditambah Led dan di box, ini dia penampakannya..:D
Versi USB

Versi Multi / untuk HP jadul

79 komentar:

  1. kunjung ya gan ke blog ane :)
    rezagunadi88.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Gan...:D

      Hapus
    2. Ngaco nih skema... Hasilnya 6 volt tuh... Mledug2 dah tuh hp....

      Hapus
    3. Maaf Gan..semua rangkaian yang saya posting adalah hasil percobaan /pengalaman pribadi..dan Alhamdulillah masih berfungsi hingga saat ini. Apabila skema rangkaian saya tidak bermanfaat bagi anda..mohon di maafkan.Sallam.

      Hapus
    4. Sudah saya coba bikim bukan nya ngisi malah ngurangin knapa ya?

      Hapus
  2. Maaf mas untuk aki 12 v 60-70amper apa yang harus di ganti soalnya saya suka pake mobil truk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komponen ga ada yang perlu diganti Mas..:D mungkin capit buaya-nya aja ganti yg besar..hehe

      Hapus
  3. Salam kenal gan.. klw pakai led di taruh nya sblh mn gan dan pakai resistor lg gk... mks sblm nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas, untuk Led dipasang di bagian output Mas sebelum ke HP.Led hanya indikator bahwa rangkaian bekerja.Tambahkan Resistor 330 Ohm ke Led.

      Hapus
  4. Mksh ats jwbn'y.. berarti arus ke hp nya jd kurang dr 1 amper dong.. atw nggk.. mksh :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsumsi Arus untuk Led Standart hanya 10 mA Mas, untuk High Bright Led sekitar 20 mA. jadi ga pengaruh ke Ampere Charging..

      Hapus
  5. Maaf nanya lg gan.. klw capasitor nya gk ada yg 10uf bs d gnti gk misal sm 7.4uf atw yg lain nya tp gk mempengaruhi ama arus atw yg lain nya.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah Mas,kalo memakai Elco, yang penting voltase nya di atas Voltase Source..jadi C1 diatas voltase aki dan C2 diatas 5V. ukuran Farad boleh berapa saja.

      Hapus
  6. Update gan... rangkaian udh aku buat persis sm skema di atas.. aku pke lmpu led merah trus aku colokin ke aki dan nyala lmpunya.. pas aku pake cas ke hp jadul ko not charging trus.. apnya yg salah ya.. aku pke elco 10uf 50v.. ada solusi mas :-) mks slm & ssdh nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP jadulnya apa Mas..?..HP jadul biasanya voltase dan arus chargingnya tidak besar Mas,Charger jadul umumnya cuma 3.7 - 4.7volt dan arus 300mA-500mA.Coba anda ukur output charger buatan anda berapa Volt outputnya.

      Hapus
    2. atau bisa anda coba kurangi arus chargingnya dengan mengganti Resistor, pake resistor 10 Ohm, arus jadi 500mA, pake resistor 15 Ohm arus jadi 330mA.

      Hapus
  7. Noki 6020,1100.. casan ori noki yg aku pakai arus nya 700 gan.. tp pas di cas ke android dan motorola mah masuk gan.. apa arus nya terllu bsr ya buat hp jadul mah... klo resistor di ganti ama yg 10/15 ohm tp 1/4 watt apkh gk akan jebol resistor nya

    BalasHapus
  8. Resistor sebaiknya 1 watt Mas,kalo benar2 tidak ada ya pake 1/2 watt..jika ingin menurunkan voltase outputnya, bisa anda tambah 1 dioda di bagian outputnya. Drop voltase dioda umumnya 0.6 volt. outputnya akan jadi sekitar 4.4 volt.

    BalasHapus
  9. mas kalo tidak ada resistor 5 ohm 1 watt,klo tdak sya ksih resistor apa mslh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak apa-apa Mas, tanpa Resistor sebenarnya IC 7805 mengalirkan arus sekitar 1 Ampere Mas,resistor hanya penahan arus,untuk HP keluaran baru umumnya butuh arus charging lumayan besar, jadi ga terlalu masalah tanpa resistor.

      Hapus
  10. Trmksih bnyk krn sdh mmbgi ilmu yg brmanfaat.
    Mas mau tnya.sy sdh bkin rangkaian d atas.komponen&pmsngannya sama sprti di atas.untk tgangan OUT nya 4,2v.
    Prtnyaan sy,pd wktu sy tmbh led deng Resistor 330 ohm ,knp led nya panas lalu off.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Led panas kemudian OFF kemungkinan arus yang mengaliri Led terlalu besar hingga Led putus,tambahkan nilai Resistor Mas, misal Resistor 1K atau lebih, Led hanya indikator jadi nilai resistor tidaklah mutlak,jadi bisa anda ganti dengan nilai yang lebih besar.

      Hapus
  11. Kalo pake rangkaian diatas tidak bisa Mas,IC7805 hanya menghandle arus sekitar 1A, untuk 2 Ampere IC7805 harus dibuat regulator, tapi ada kemungkinan aki bisa tekor/tidak mampu mensuplai charger.

    BalasHapus
  12. C2 bisa pakai 35v, yang penting di atas voltase output (5v), pakai 10v juga bisa.

    BalasHapus
  13. Mau nanya mas. saya sudah coba rangkai seperti gbr mas. TAPI inputnya SAYA menggunakan DC Power supply 12 V 500mA dan saya ukur outputnya 5V. pas di colokin kok gak bisa nge cas ya mas untuk hp Nokia 2310. tolak terus. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP jadul voltase charger umumnya kecil Mas,coba mas tambah 1 dioda pada jalur (+) sebelum outputnya.

      Hapus
    2. Sudah saya tambahkan 1 Dioda pada jalur + sebelum output dapat Volt nya 4.63 tapi tetap gak bisa ngecas juga Mas. Kenapa Ya? saya coba juga langsung gunakan DC Power supply yang bisa di adjust 4.7 V, 350 mA tapi gak bisa ngecas? padahal kan sama-sama tegangan DC dan tegangan dan Arus Inputnya sudah lebih besar dari batre. Mohon bantuannya mas

      Hapus
    3. Sudah anda cek spesifikasi charger Ori-nya Mas..?..berapa voltase dan arus yang tertera pada chargernya..?

      Hapus
    4. Pada HP umumnya terdapat IC charger yang mengatur arus dan voltase untuk baterai Mas, dan ada HP tertentu yang minta voltase/arus yang presisi/tidak lebih tidak kurang..ini yang agak sulit di akali dengan rangkaian-rangkaian sederhana.,mungkin bisa anda coba tambahkan sebuah zener 4,2 volt pada outputnya dan cek hasilnya, pemasangannya kira2 begini Mas http://i63.tinypic.com/2u4585f.jpg

      Hapus
    5. sudah mas. spesifikasi cas orinya 5 Volt, 500mA. Kalau gunakan cas nya bisa. Tapi gunakan DC Power supply kok gak bisa ya. Dan saya coba juga gunakan untuk inputnya batre 9 V dengan skema rangkaian punya mas, tapi masih gak bisa ngecas, nolak terus.

      Hapus
    6. Coba d cek kutub + dan kutub - d charger orinya.. Bisa kebalik2 tuh

      Hapus
  14. sudah mas. spesifikasi cas orinya 5 Volt, 500mA. Kalau gunakan cas nya bisa. Tapi gunakan DC Power supply kok gak bisa ya. Dan saya coba juga gunakan untuk inputnya batre 9 V dengan skema rangkaian punya mas, tapi masih gak bisa ngecas, nolak terus.

    BalasHapus
  15. Bagus isi blog nya...
    Sangat bermamfaat.saya orang tehnik mesin lagi belajar sedikit sedikit tentang elektronika.tks.ilmu yang berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir..Sallam..:D

      Hapus
  16. Mas saya pakai resistor di atas 5.kira2 masalah gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa2 Mas..semakin besar resistor semakin kecil arus pengisiannya, efeknya hanya proses ngecas lebih lama.

      Hapus
  17. Misal kalo resistorny sy pk 2,5 Ohm boleh g mas, dgn harapan outputny bs 2A... sy berdsrkn rumus V=I.R atau sy pake 2 resistor 5 ohm dgn rangkaian paralel... trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas, IC 7805 hanya mampu menghandle arus sekitar 1 Ampere,bisa saja di push hingga 1.5 Ampere tapi butuh heatsink yang besar dan kipas untuk pendingin, dan jadi tidak efisien untuk rangkaian yang portable.

      Hapus
  18. Kalo misalkan ingin arus 2A apakah bisa pake 2 buah ic7805 d paralel?

    BalasHapus
  19. IC bisa saja di paralel Mas, tapi jadi tidak efisien dan tidak simple karena akan butuh pendingin lebih besar, juga butuh beberapa tambahan komponen.Untuk output lebih besar bisa anda coba Rangkaian di Situs INI

    BalasHapus
  20. Mas bro boleh nanya ga? Mungkin agak sedikit melenceng dari topik,, saya punya Adaptor Universal 3-12 volt 500mA,,nah saya mau naikin arus/amper jadi 2000mA/2A bisa ga ya? Kalo bisa gimana caranya? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak bisa Mas..atau coba di googling Mas..mungkin ada yang bisa..Maaf belum bisa membantu ..:D

      Hapus
  21. Mas mau tanya, saya bikin sesuai skema diatas, tapi ga bisa nge cas, setelah saya copot R 5ohm nya baru bisa nge cas, pertanyaan nya apakah klo ga pake R 5ohm itu tidak apa apa, trus brp Amper yang dikeluarkan,?terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pakai R 5Ohm ga apa-apa Mas, HP model sekarang umumnya minta arus charging besar.kalau tanpa Resistor maka outputnya kisaran 1 - 1.5 Ampere tergantung kebutuhan arus HP.

      Hapus
  22. Mas...saya dah rakit tapi kenapa ya arus nya cm 400 mA...padahal tidak memakai resistor..apa arus 1 ampere itu kalo posisi batre kosong ya mas..tolong jelasin mas...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Charger diatas bersifat Straigh Mas, artinya akan mengalirkan arus sesuai kebutuhan beban, dan dibatasi oleh kemampuan handle ampere IC7805 juga bisa dibatasi oleh IC Charging HP itu sendiri. dan sekali lagi perlu di ingat bahwa charger diatas adalah charger darurat bukan untuk harian, yang artinya hanya di pakai saat tidak ada pilihan lain buat ngecas.

      Hapus
  23. Maaf mas mau nanya,untuk resistor dengan warna gelang,coklat,hitam,emas,emas, berapa nilai nya..? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coklat Hitam Emas Emas nilainya 1 Ohm Mas, jika ingin mudah Mas bisa download aplikasi Resistor Color Code, googling aja, buat PC atau android banyak kok.

      Hapus
  24. Makasih atas info nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas, terima kasih sudah berkenan mampir.. :D

      Hapus
  25. Charger ori saya 1 ampere mas...kalo ga pake resistor gpp ya mas...tapi saya bingung mas arus nya kenapa ya 400 ma...maaf mas banyak tanya..cm saya ingin mengerti out put tegangan udah ga bingung tapi tentang arus output nya ini yang saya bingung..saya googling ga ada penjelasan yang pasti...1 ampere itu harus nya kan mengalir ya mas kalo beban nya hp saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saya pribadi simplenya gini Mas, jika charger di atas Mas colok ke HP trus ngecas/charging berjalan, maka rangkaiannya bekerja.Artinya charger darurat sudah jadi.sedangkan seberapa besar arus yang mengalir ya seperti saya sebutkan diatas,besar arus yang mengalir tergantung kebutuhan beban, nah dalam setiap HP ada regulator/ IC pengatur charging Mas yang tugasnya mengatur seberapa besar arus yang dibutuhkan oleh baterai saat di cas (beban).Jika anda ukur hanya 400 mA, mungkin memang segitu arus yang di ijinkan oleh HP anda.dan setiap HP bisa berbeda tergantung status presentasi baterainya.

      Hapus
  26. Ok mas saya dah paham...makasi ya mas udah mau jadi guru saya tentang charger...ijin selalu mengikuti rangkaian mas ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir dan mencoba rangkaian yang alakadarnya ini Mas...Salaam.

      Hapus
  27. Mas Ada skema step up dc to dc 3.7 to 5.v gak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat step up DC 5V kesulitannya adalah mencari IC atau Chip-nya Mas.Kalau Mas berminat bikin bisa coba link dibawah ini.

      Disini

      Disini

      Atau Disini

      Kalau saran saya beli jadi aja Mas.Cek aja di tokopedia "Modul Power Bank" harga di bawah 10 ribuan kok..contohnya

      Disini

      Hapus
    2. Terimakasih banyak atas info nya mas,sangat bermanfaat sekali bagi saya. Sebelum nya saya udah cari di toko pedia,tapi stok lagi kosong.

      Hapus
    3. Terima kasih sudah berkenan mampir Mas.Coba di tokopedia cari dengan keyword "Step up 5v" .nanti lebih banyak pilihannya Mas.

      Hapus
  28. Mas, mhon bantuan nya. Aku buat rangkaian di atas {ces hp darurat} tapi saya menggunakan LM317 dan udah sya set ke 5v,tapi ngisi nya kok lma bwnget kenapa ya mas, R 5 ohm saya lepas masih ja lama, trus kalau rangkaian yang saya buat saya kasih input dari trafo step down,malah gAk bisa buat ngcharger hp BB,klau buat hp jadul bisa..? Mhon di bantu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk LM317 rangkaiannya jadi regulator Mas seperti d bawah ini.. Potensio 5K bisa diputar untuk menentukan voltase output, misal 5V dll, resistor 1 Ohm 1 Watt bisa diganti untuk mengubah besarnya arus output.
      http://i67.tinypic.com/289fv4p.gif

      Hapus
    2. Drop voltage LM317 sekitar 2-3 Volt, jika anda butuh output 5V, maka trafo stepdown 9-12 Volt sudah cukup.

      Hapus
  29. Mksih atas bimbingan nya mas. Saya sudah sukses membuat nya. Rencana saya mau buat ces aki stanby#2 mas, tapi mas ada skema LDR gak..? Rencana nya sih mau saya buat otomatis biar klau PLN mati siang hari lampu darurat nya gak nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skema sudah dibuat Mas, tapi belum saya testing jadi belum bisa saya posting..jika nanti berhasil akan saya Update.

      Hapus
  30. Sip mas, saya tunggu posting nya

    BalasHapus
  31. Saya belum jelas kenapa arus outputnya bisa konstan sesuai nilai resistor mas.
    Bukankah harusnya tergantung beban? Jadi misalnya baterai yg di cas kosong banget arusnya akan sangat besar dan akan terus menurun jika baterry mulai penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin anda bisa mendalami lagi fungsi resistor Mas...Resistor bekerja dengan menghambat Arus Mas..simplenya gini..sebuah baterai anda hubungkan dengan lampu...lalu coba anda pasang resistor..maka nyala lampu akan meredup, karena arus dihambat oleh resistor, jadi walaupun misal lampu (beban) tersebut butuh 2 ampere karena diberi resistor maka tidak akan menarik arus 2 ampere. dia akan menarik arus sesuai yang disuplay dari resistor secara konstan. begitu juga dengan baterai atau aki Mas,arus hanya akan mengecil jika kebutuhan beban sudah dibawah nilai suplay arus dari resistor (aki penuh).

      Hapus
  32. Kalau pakai ic 1706 bisa mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Outputnya akan jadi 6 Volt..tidak cocok untuk HP.

      Hapus
  33. saya sudah membuat rangkaian seprti d atas tpi knpa kok ngk bisan nyimpan ya ngecasnya padahal simbol cas udah keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa kapasitas baterai HP anda? berapa ampere keluaran charger ori hp anda?..jika charger ori hp anda 2 ampere..maka rangkaian diatas tidak bisa dipakai.walaupun ada indikator charging maka akan sangat lama proses pengisiannya atau tidak mengisi.

      Hapus
  34. Gan saya sudah buat rangkaian sprt diatas. Cuma output 4.9v.
    Gmn solusinya buat nambah voltase nya skitar 5.2 ato lebih.
    Mohon saran.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah di coba untuk charging HP..jika tidak mengisi, coba chek berapa arus charger ori buat hp anda.jika charger anda lebih dari 1 ampere.maka rangkaian diatas tidak bisa di pakai.

      Hapus
  35. Maaf mas mau tanya, saya kemaren udah nyari ic 7805 tapi nggak ada,, apa ada alternatif pake ic yang laen?

    BalasHapus
  36. Mas mau nanya, kalo hp trs ga pake batre cuma batrenya di ambil kuninganya aja trs (+)(-) di sambungin ke output menggunakan kabel data pada power bank efeknya apa yah mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas..Hp memakai voltase batere 3.7 V..sedangkan power Bank outputnya 5 volt.Kalau anda mau memakai baterai external buat hp, bisa anda pakai baterai Li-Ion 18650.tapi anda harus tau berapa tahanan yg dibutuhkan agar di hp indikator batere terbaca penuh.jika tahanan tidak sesuai.maka batere akan terbaca lowbat walaupun sudah anda cas penuh.

      Hapus
  37. Efeknya apa mas klo pake power bank batrenya tpi pke kuningan batre aslinya mas cuma batrenya pke power bank efeknya apa mas, tolong balesanya mas

    BalasHapus
  38. Ass.mas.knap di cas batre hp jd berkurang.apakah pengaruh dngn aki 6v ap ada maslah lain trimsih slm sukses

    BalasHapus