Sabtu, 03 Oktober 2015

Membuat Charger Baterai AA / AAA - Simple NiCad - NiMH Battery Charger

Walaupun Project lama .. dibagikan saja .. mungkin saja berguna ..:D

Apakah anda punya baterai AA / AAA Rechargeable yang chargernya rusak ..?.. atau punya baterai cas-casan tapi ga punya chargernya ..?. daripada anda beli charger yang mahal, anda buat saja sendiri, selain sangat murah tentunya jika suatu saat rusak, anda bisa memperbaikinya sendiri karena anda yang bikin ...hehe.. rangkaian ini simple hanya menggunakan 4 komponen yang kalau anda beli ga sampe 5 ribu rupiah.ini dia rangkaiannya Gan..



R1 : 270 Ohm
R2 : 5.6 Ohm
Q  : BC 635 bisa diganti BC337 atau Transistor NPN sejenis.
LED Merah

Catu daya 5 Volt bisa anda dapatkan dari USB komputer atau charger HP, karena menggunakan catu daya 5V maka rangkaian ini terbatas untuk charging 2 baterai saja . Rangkaian diatas termasuk Constan Current Charger alias charger dengan arus tetap, charger diatas output arusnya sekitar 210mA. Baterai NiMH keluaran saat ini umumnya berkapasitas 2100mAH, dan cara teraman untuk chargingnya adalah dengan arus 1/10 kapasitas baterai (2100/10 = 210mA) dan lama charging sekitar 10 jam .

Arus charging bisa ditambah atau dikurangi dengan mengubah nilai R2, semakin besar R2 semakin kecil arusnya dan sebaliknya . Saya sudah memakai charger diatas untuk charging baterai AAA (rechargeable), Baterai HP, dan baterai Li-Ion bekas Laptop (3.7 Volt) .

LED berfungsi sebagai indikator charging dan indikator pemasangan baterai secara benar, walaupun catu daya 5v terhubung, jika tidak ada baterai yang di charge atau posisi pemasangan baterai tidak benar maka led tidak akan menyala.

NB: Rangkaian di atas tidak Cut Off, gunakan volt meter sebagai indikator voltase baterai, dan segera pindahkan baterai jika sudah penuh.

Semoga berguna.

41 komentar:

  1. sngat membantu yg brekonomi rendah gan,seperti sya ini.
    hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat...terima kasih sudah mampir Gan..:D

      Hapus
  2. selain type transistor itu apa bs?

    BalasHapus
  3. minta emailnya dong mas biar kita bisa kontak lewat email
    ini email saya iyanpasqualine@gmail.com

    BalasHapus
  4. Maaf bisa jelasin teori singkatnya gg, makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira gini Mas..drop voltage Led merah sekitar 1.8V dan drop voltage base transistor sekitar 0.6V , maka voltase yang mengalir ke resistor jadi 1.8 - 0.6 = 1.2V , sesuai hukum Ohm...maka 1.2 : 5.6 = 0.21 A alias arus yang mengalir adalah 210mA . Kira-kira begitu Mas..

      Hapus
  5. apa lampunya mati jika baterainya penuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Charger diatas sangat sederhana Mas, tanpa system cut off,penuh tidaknya dipastikan dengan volt meter.Led hanya indikator charger bekerja, pada percobaan awal ngecas led menyala terang, saat hampir penuh led mulai meredup,lebih aman jika voltase saat ngecas di perhatikan.

      Hapus
  6. mas, sy coba pke charger hp 1A, untuk transistornya pakai bc337, bgtu sy tes blm 1 menit bc337 sm Resistor yg 5R6 nya kok panas bgt ya? apa itu normal? mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 Ampere terlalu besar Mas..BC337 hanya mampu menghandle arus max 800 mA..sebaiknya pakai charger arus 500 mA atau 300mA saja Mas.

      Hapus
  7. Klo menggunakan charger hp yg tak dipakai bisa gag mas mencharger batrei 1300mAh 2buah baterai...

    Charghernya nikia 1280

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya kurang paham pertanyaan Anda..apakah charger hp bekas akan anda jadikan input 5V-nya atau bagaimana..?..lalu apakah 2 baterai tersebut akan di cas terpisah atau diseri atau di paralel?..

      Hapus
    2. Bisa saja Mas, tapi charging akan 2 x lebih lama..baterai yang akan anda cas baterai apa..?..berapa voltase-nya..?

      Hapus
  8. om tanya, kalau BC635 nya di ganti sama BC639 kira2 gimana? bisakah?

    BalasHapus
  9. apa rangkaian di atas bisa di pakai 3 batrai mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum mencoba untuk 3 baterai Mas.silahkan dicoba..saya hanya membuat 2 rangkaian untuk 4 baterai..:D

      Hapus
  10. Mas..kalau ada waktunya tolong rangkaian diatas ditambah cut off..ane punya adaptor 10V buat charger...thanks mas..

    BalasHapus
  11. Mas...saya menggunakan charger versi 2..kenapa ya led hijau tidak menyala walaupun tidak terpasang dari aki...dan led merah juga tidak menyala padahal sudah terpasang aki..saya cek output ada...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas,apakah komentar anda ini untuk posting baterai standby charger..?

      Hapus
  12. Mungkin bisa dicoba pakai ampere meter yg dihubungkan seri dengan batere saat dicharge, ketika batere sdh full meter menunjukkan skala nol. Seperti otomatis cut off pada charger aki.
    Mohon koreksinya jika salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah bantu menjawab Mas. Sallam.. :D

      Hapus
  13. Mas apakah rangakaian ini bisa untuk charger baterai jenis lithium juga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas, Lithium ion butuh charger dengan presisi cut off yang tepat, dan memerlukan IC, beli modul jadi banyak kok Mas murah lagi..salah satunya anda bisa beli DISINI

      Hapus
  14. Itu bisa buat charger baterai NimH 9V kah gan? mohon dijawab ya

    BalasHapus
  15. Kenapa rangkaian rakitan saya, tanpa baterai pun led nya nyala, padahal tadinya normal, setelah saya re assembly tetap nyala jg mesji tanpa baterai.

    BalasHapus
  16. um selain tipi di atas tipe apa ajah yg bisa untuk transistornya,, d tempat saya susah cari nya,, dan untuk penempatan patre nya apa kutub (+) dari charge menempel ke kutub (-) ato ke kutub (+)

    BalasHapus
  17. Mas bro...misalnya skema diatas utk mencharger aki kering 7.2Ah sebanyak 10 biji dirangkai secara seri (10 unit aki tadi guna dimanfaatkan guna utk menambah ampernya saja)..lha pertanyaan saya...misalnya skema diatas mencharger aki ukuran diatas dan jumlah 10 unit...trafo yg digunakan utk sskema diatas harus berapa amper...Q1 & Q2 serta dioda harus diganti yg tipe apa mas bro...soalnya taun kemarin saya sdh berhasil membuat rangkaian skema sperti versi yg pake relay diatas...cuma waktu itu hanya aki kering 1 unit 7.2Ah dg trafo charger 1A ct guna utk mensuplay alarm security & lampu emergancy dirumah saya...tetapi kali saya mau mencoba buat skema diatas utk mencharger aki kering 7.2Ah sebanyak 10unit diseri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru reply..rangkaian diatas untuk charging baterai AA atau AAA Mas, bukan buat aki.
      Untuk menambah Ampere aki/baterai maka susunan harus paralel Mas..jika di seri yang bertambah adalah voltasenya.Jika aki diseri maka voltase trafo yang harus ditingkatkan/disesuaikan.Misal aki 2 buah maka voltase akan jadi 24V dan dibutuhkan trafo/catu daya sekitar 27v-30V untuk chargingnya.Jika aki diparalel maka yang perlu di tingkatkan adalah Ampere trafonya.Pada posting Vaping Safety Guide sudah saya jelaskan Mas beda susunan seri dan paralel, semoga bisa membantu anda dalam perhitungan.

      Hapus
  18. misi mas mau nanya.
    saya mau bikin charger batre tamiya dengan kapasitas batre 1000 mah (ni-mh) dengan menggunakan power supply komputer dengan output 5v..

    saya pengen charger nya bisa diatur dengan pengaturan charge, lama, sedang dan cepat diatur dengan menggunnakan saklar toggle.. .

    kira2 bikin modul pegaturan nya gimana ya.. .
    mohon pencerahannya.. terima kasih..

    BalasHapus
  19. bisa untuk modul fast carging ya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa Mas..rangkaian diatas termasuk slow charging dan tidak ada cut off..rangkaian fast charging harus ada cut offnya.

      Hapus
  20. Saya menemukan adaptor bekas dengan out put 5Volt 1amper.
    Apabila saya hubungkan langsung baterai secara seri apakah bisa?
    Atau justru akan menimbulkan kebaran ?
    Mau mencoba tapi takut meledak dsb.
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi beresiko Gan..harus diawasi proses chargingnya..dan harus dilepas saat batere penuh.

      Hapus
  21. ijin bertanya pak, apakan bsa mengecas batre nimh dgn casan batre lithium ? trm ksh atas pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru reply..jika kedua baterai voltase maximumnya sama..maka bisa dipakai.

      Hapus
  22. apakah rangkaian diatas bisa diupgrade ke mode fast charging?

    BalasHapus