Minggu, 27 Desember 2015

POWER SUPPLY REGULATOR 10 AMPERE



Project kali ini simple dan tidak panjang lebar ..hehe.. Jika anda butuh catu daya atau charger dengan arus 10 Ampere dan voltase yang bisa di atur, mungkin rangkaian ini bisa anda coba, untuk IC regulator 10 Ampere biasanya menggunakan IC LM196/LM396, tapi disini saya memakai yang ada saja, saya gunakan IC 7805 dari sisa project Charger HP Darurat dengan Aki Motor , sebenarnya IC 7805 adalah regulator dengan output 5V, namun IC ini bisa di "Jacking Up" dengan memasang 2 buah resistor, sehingga outputnya bisa diatur  dari 5 volt hingga 30 volt. IC 7805 hanya mampu di lewati arus sekitar 1 A, maka kita memasang Bypass Transistor agar arus output bisa di maksimalkan sesuai arus Trafo. Untuk menghandle arus  10 Amper bisa menggunakan Transistor 2N3055 atau TIP3055 (Max. 15 Ampere), IC 7805 dan Transistor harus diberi pendingin (Heatsink).

Pada percobaan, saya menggunakan Trafo 10 Ampere 18V, saat VR  minimum, output voltase-nya sekitar 4,5 Volt, VR  maximum output voltase sekitar 20 Volt. Jadi kita tinggal memutar VR untuk mendapatkan output voltase yang di inginkan.

Salam Karya dan semoga berguna ...


14 komentar:

  1. bila trafo saya 10 Amp ct 20v bgm mas...sedankan saya butuh arus positif 15v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk trafo CT kiprok cukup diganti dengan 2 dioda saja.Untuk output 15V tinggal diputar saja VR nya.

      Hapus
  2. Kalau digunakan untuk regulator dari 24-27v ke 12v, 5 ampere, apakah tegangannya stabil di 12 volt Mas? Ma kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stabil tidaknya tergantung kualitas trafo/SMPS yang dipakai Mas, juga tergantung besarnya kebutuhan Beban.

      Hapus
    2. oh begitu ya. kalau mau pakai 7812, komponen apa yang diganti, mas.

      Hapus
    3. Maaf Mas, saya belum mencoba pakai 7812,tapi secara logika sama saja Mas.Komponen tidak perlu diganti, atau Mas coba saja dulu lalu preview hasilnya disini, siapa tau bisa bermanfaat bagi yang lain... :D

      Hapus
  3. Mas untuk usb chrger hp saya mau 5v 2A dgn ic 7805 brati skema ttp sama dgn diatas ya bypas transistor jika input 12v7A? Oh ya, saya pernah coba dgn ic7805 travo 12v5A dgn output 5v tp knp tdk charging di hp saya tp ktika saya ksh zener baru bs charging. Knp ya? Thanks ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power suplay di atas kurang baik untuk charger HP Mas,untuk HP atau Gadget lain umumnya sudah ada regulator sendiri di dalam HP atau baterainya Mas, dan membutuhkan voltase yang sesuai/presisi, jika voltase terlalu besar atau voltase terlalu kecil biasanya hp akan menolak/tidak akan charging,dan kalaupun mau charging, maka HP atau baterainya jadi tidak awet.

      Hapus
    2. Zener bersifat regulator Mas,jika di pasang di output maka voltase output akan menyesuaikan dengan nilai zener,jadi misal output 5v anda pasang zener 4.2V maka output menjadi 4.2 volt, dan bisa jadi voltase charging HP anda memang pas dengan zener yang anda pasang.

      Hapus
  4. Mas kalau R220 ga dipasang efeknya apa mas (saya belum dong fungsi resistor ini)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Maaf Pak kalo tegangan inputnya 30v Dc 3A Ic Lm7805 nya jebol gak ...

    BalasHapus
  7. Nek bikin regulator fersi CT gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk versi ct memakai dua jenis ic.
      yaitu ic lm78012(menurunkan tegangan positif) dan lm79012(menurunkan tegangan negatif) sedangkan untuk ct/groud nya dipasang dikaki kediua nya 2 ic tersebut.

      Hapus